Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kewirausahaan Dalam Milenium Baru, Imbalan dan Tantangan Berwirausaha


Kewirausahaan Dalam Milenium Baru


Wirausaha (entepreneur) :

  • Seseorang yang memulai dan atau mengoperasikan bisnis/pendiri perusahaan/pemilik/manajer yang aktif/anggota generasi kedua dari pemilik/manajer yang membeli hak kepemilikan perusahaan kecuali bukan manajer yang dipekerjakan
  • Seorang pembuat keputusan yang membantu terbentuknya sistem ekonomi perusahaan yang bebas.
  • Sebagian besar pendorong perubahan, inovasi, kemajuan datang dari wirausaha yaitu orang-orang yang mempunyai kemampuan mengambil resiko dan mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Imbalan dan Tantangan Berwirausaha

Tiap orang tertarik pada kewirausahaan karena adanya berbagai imbalan yang kuat :


Imbalan berupa laba :

Wirausaha mengharap hasil yang tidak hanya mengganti kerugian waktu dan uang yang mereka investasikan, tapi juga memberikan imbalan yang pantas bagi resiko dan inisiatif yang mereka ambil dalam mengoperasikan bisnis mereka sendiri.

Imbalan berupa kebebasan :

Berdasarkan survey orang orang yang meninggalkan pekerjaannya diperusahaan karena mereka ingin menjadi bos atas perusahaan sendiri, membuat keputusan sendiri, dan mengambil resiko dan memungut imbalan yang ada.

Imbalan berupa kepuasan menjalani hidup :

Wirausaha sering menyatakan kepuasan yang mereka dapatkan dalam menjalankan bisnisnya sendiri, pekerjaaan yang mereka lakukan merupakan keceriaan, kenikmatan mungkin karena kebebasannya.

Tantangan Berwirausaha :

  • Kebutuhan untuk kerja keras, menginvestasikan lebih banyak waktu dan tenaga, tekanan emosional.
  • Resiko kemungkinan gagal karena tidak ada jaminan kesuksesan.

Siapakah wirausaha itu?

  • Stereotip umum seperti tingginya kebutuhan yang ingin dipenuhi, keinginan untuk mengambil resiko yang moderat, percaya diri yang kuat, kemauan berbisnis.
  • Orang yang mempunyai tingkat kebutuhan keberhasilan tinggi, senang bersaing dengan standar keunggulan dan memilih untuk bertanggung jawab atas tugas yang dibebankan padanya
  • Mc Clelland menemukan orang dengan kebutuhan tinggi akan keberhasilan memiliki kecenderungan untuk mengambil resiko yang moderat yaitu resiko yang hasilnya akan dapat dikendalikan mereka.
  • Orang yang mempunyai pengendalian yang disebut Internal locus of control yaitu kepercayaan bahwa kesuksesan seseorang tergantung pada usahanya sendiri.
  • Mempunyai keinginan kuat untuk berbisnis.

Wirausaha dapat diklasifikasikan menjadi :

1. Founders (pendiri perusahaan) dipertimbangkan sebagai wirausaha murni seperti investor yang memulai bisnis berdasarkan barang dan jasa yang baru atau sudah diimprovisasi, mungkin juga artisan (pekerja tangan) yang mengembangkan keahliannya dan kemudian memulai bisnisnya.

2. General manajer adalah yang mengepalai operasi perusahaan didalam menjalankan bisnisnya.

3. Franschisee adalah seorang wirausaha yang kekuasaannya dibatasi oleh hubungan kontrak kerja dengan organisasi pemberi franchise.

Jenis Wirausaha :

  • Wirausaha Artisan, adalah seseorang yang memulai bisnisnya dengan keahlian teknis sebagai modal utama dan sedikit pengetahuan bisnis.
  • Wirausaha Oportunistis, adalah seseorang yang memulai suatu bisnis dengan keahlian manajemen yang rumit dan pengetahuan teknis.



Tim Wirausaha

Adalah dua orang atau lebih yang bekerja bersama, contoh seorang ahli manufactur digabungkan dengan ahli pemasaran sehingga berbagai pengalaman penting untuk mempertajam bisnis baru yang berteknologi tinggi akan tercapai.

Pembagian Skala Bisnis, perusahaan dibagi dengan kategori sebagai berikut :

1. Marginal Firms adalah perusahaan kecil yang memberikan laba minimal bagi pemiliknya.

2. Attractive Small Firms (perusahaan kecil yang menarik) adalah perusahaan kecil yang memberikan laba yang besar bagi pemiliknya.

3. High Potential Ventures (perusahaan yang berpotensi tinggi) adalah perusahaan kecil yang memiliki prospek pertumbuhan yang besar.

Tantangan Bisnis Berskala Kecil

1. Pertumbuhan superstore

2. Perluasan teknologi informasi dan internet

3. Timbulnya perekonomian global

3 Sarana yang kompetitif bagi wirausaha :

1. Tujuan konsumen, jika mereka mampu menghasilkan produk yang diinginkan konsumen.

2. Integritas dan tanggung jawab, yaitu dapat meningkatkan kualitas produksi dan pelayanan jasa yang memuaskan bagi konsumen.

3. Inovasi, Memperkenalkan produk baru atau cara baru dalam menjalankan bisnis.


Beberapa peluang dalam dunia usaha untuk meraih keberhasilan :

1. Membuka bisnis keluarga

2. Membuka bisnis

3. Membuka bisnis baru

4. Membeli bisnis yang sudah ada

Penelitian yang dilakukan oleh Paul Reynolds menunjukkan bahwa persentase tertinggi untuk memulai usaha adalah pada usia 25 -35 tahun.

Beberapa jenis Pemberontak :

1. Pemberontak, adalah seseorang yang menjadi wirausaha muda agar bisa lepas dari situasi yang tidak diinginkan.

2. Pemberontak asing, adalah seseorang yang meninggalkan negaranya dan menjadi wirausaha muda dinegara lain.

3. Pemberontak yang terkoordinasi, adalah seseorang yang meninggalkan bisnis berskala besar untuk memulai bisnis barunya.

Baca juga : BPJS Ketenagakerjaan, Sejarah Berdirinya, Hak dan Kewajiban Lembaga dan Peserta

Keadaan Memaksa

Adalah sebuah peristiwa besar seperti kehilangan pekerjaan membuat seseorang menjadi wirausaha. Banyak pengalaman dengan tipe yang bervariasi yang juga mendasari pelepasan emosi, beberapa orang lelah dengan ejekan-ejekan atau menerima perlakuan tidak adil dari atasan mereka sehingga mereka mulai bisnis mereka sendiri.

Posting Komentar untuk "Kewirausahaan Dalam Milenium Baru, Imbalan dan Tantangan Berwirausaha"