Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber Pendanaan Bank, Dana Sendiri, Dana dari Masyarakat dan Dana Pinjaman


Sumber Pendanaan Bank


Sumber dana bank adalah usaha bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasinya. Sewsuai dengan fungsi bank sebagai lembaga keuangan dimana kegiatan sehari-harinya adlah bergerak dibidang keuangan, maka sumber-sumber dana tidak terlepas dari bidang keuangan. 

Baca juga : Jenis Bank Menurut Bentuk Badan Usaha dan Syarat Wajib Lembaga Keuangan

Untuk menopang kegiatan bank sebagai penjual uang (memberikan pinjaman), bank harus lebih dulu membeli uang (menghimpun dana) sehingga selisih bunga tersebutlah bank memperoleh keuntungan. Sumber-sumber dana bank antara lain :

1. Dana Bank Itu Sendiri

Sumber dana bank yang bersumber dari bank itu sendiri merupakan sumber dana modal sendiri, maksudnya adalah modal setoran dan para pemegang sahamnya. Apabila saham yang terdapat dalam portepel belum habiz terjual,sedangkan kebutuhan dana masih perlu, maka pencariannya dapat dilakukan dengan menjual saham kepada pemegang saham lama. Akan tetapi jika tujuan perusahaan untuk melakukan ekspansi maka perusahaan deapat mengeluarkan saham baru dan menjual saham baru tersebut ke pasar modal.

Secara garis besar dapat disimpulkan pencarian dana yang bersumber dari bank itu sendiri terdiri dari : setoran modal dari pemegang saham, cadangan-cadangan bank, dan laba yang belum di bagi.

2. Dana Dari Masyarakat

Sumber dana ini merupakan sumber dana terpenting bagi kegiatan operasi suatu bank dan merupakan suatu ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini. Pentingnya sumber dana dari masyarakat disebabkan sumber dana dari masyarakat merupakan sumber dana yang paling utama bagi bank.

Pada dasarnya sumber dari masyarakat dapat berupa giro (demand deposit),tabungan (saving deposit),dan deposito berjangka (time deposite) yang berasal dari nasabah perorangan atau suatu badan.



3. Dana Pinjaman

a. call money

Merupakan sumber dana yang dapat diperoleh bank berupa pinjaman jangka pendek dari bank lain melalui interbank call money market. Sumber dana bank ini sering digunakan oleh bank untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak dalam jangka waktu pendek, seperti bila terjadi adanya penarikan dana besar-besaran oleh para deposan.

Baca juga : Jenis Bank Menurut Pendirian dan Kepemilikan, Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat 

b. pinjaman antar bank

Kebutuhan pendanaan kegiatan usaha suatu bank dapat juga diperoleh dari pinjaman jangka pendek dan menengah dari bank lain. Pinjaman ini dilakukan untuk memenuhi suatu kebutuhan dana yang lebih terencana dalam rangka pengembangan usaha atau meningkatkan penerimaan bank.

c. kredit likuiditas bank Indonesi

Sesuai dengan namanya ,kredit likuiditas bank Indonesia adalah kredit yang diberikan oleh bank Indonesia terutama pada bank yang sedang mengalami kesulitan likuiditas.

4. Sumber dana lain

Sumber dana lain ini merupakan sumber dana tambahan jika bank mengalami kesulitan dalam kesulitan dalam pencarian sumber dana yang telah disebut sebelumya. Pencarian dari sumber dana ini relative lebih mahal dan sifatnya hanya sementara waktu saja. Sumber dana yang lain ini selalu berkembang sesuai dengan perkembangan usaha perbankan dan perekonomian secara umum. Sumber-sumber tersebut antara lain:
  • Setoran jaminan, sejumlah dana yang wajib diserahkan oleh nasabah yang menerima jasa-jasa tertentu dari bank .
  • Dana transfer, salah satu jasa yang diberikan bank adalah pemindahan dana .bisa berupa pemindah bukuan antar rekening,dari uang tunai kesuatu rekening ,atau suatu rekening untuk kemudian ditarik tunai.
  • Surat berharga pasar uang, surat-surat berharga jangka pendek yang dapat diperjual belikan dengan cara didiskonto oleh bank Indonesia.

Posting Komentar untuk "Sumber Pendanaan Bank, Dana Sendiri, Dana dari Masyarakat dan Dana Pinjaman"