Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konsep Dasar Manajemen Bebasis Sekolah (MBS)


Konsep Dasar Manajemen Bebasis Sekolah (MBS)


Istilah manajemen berbasis sekolah merupakan terjemahan dari “school based management”. Istilah itni pertama kali muncul di Amerika Serikat ketik masyarakat mulai mempertanyakan relevansi pendidikan dengan tuntutan dan Perkembangan masyarakat setempat. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan paradigma baru pendidikan yang memberikan otonomi luas pada tingkat sekolah (pelibatan masyarakat) dalam kerangka kebijakan pemerintah nasional.

Menurut Departemen Pendidikan Nasional otonomi dapat diartikan sebagai kewenangan atau kemandirian yaitu kemandirian dalam mengatur dan mengurus dirinya sendiri da tidak tergantung. Dengan demikian, otonomi sekolah adalah kewenangan sekolah untuk mengatur dan mengurus kepentingan warga sekolah menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi warga sekolah dengan peraturan perundang-perundang pendidikan nasional yang berlaku. Salah satu ciri dari manajemen dakam konsep ini adalah adanya metode pengambilan keputusan partisipasi dalam menjalankan manajemennya. Pengambilan keputusan dpartisipasi itu sendiri adalah suatu cara untuk mengambil keputusan melaui penciptaan lingkungan yang terbuka dan demokratik.

Baca juga : Guru Harus Meningkatkan Kompetensi Mengajar Seiring Perkembangan Zaman  

Otonomi diberikan agar sekolah leluasa mengelola sumber daya dan sumber dana dengan mengalokasikannya sesua dengan prioritas kebutuhan, serta lebih tanggap terhadap kebutuhan setempat. Pada sistem Manajemen Berbasis Sekolah, sekolah dituntut secara mandiri menggali, mengalokasikan, menentukan priortas, mengendalikan, dan mempertanggungjawabkan pemberdayaan sumbre-sumber, baik kepada masyarakat maupun pemerintah. MBS merupakan salah satu wujud dari reformasi pendidikan, yang menawarkan kepada sekolah untuk menyediakan pendidikan yang lebuh baik dan memadai bagi para peserta didik.


Sejalan dengan jiwa dan semangat desentralilisasi serta otonomi dalam bidang pendidikan kewenangan sekolah juga berperan dalam menampung konsensius umum yang meyakini bahwa sedapat mungkin keputusan seharusnya dibuat oleh mereka yang memiliki akses paling baik tehadap informasi setempat. 


Kewenangan yang bertumpu pada sekolah merupakan inti dari MBS yang dipandang memilki tingkat efektifitas tinggi serta memebrikan beberapa keuntungan yaiu:

1. Kebijaksanaan dan kewenangan sekolah membawa pengaruh langsung kepada peserta didik, orang tua, dan guru.

2. Bertujuan bagaimana memanfaatkan sumber daya local.

3. Efektif dlam melakukan pembinaan peserta didik seperti kehadiran, hasil belajar, tinglat pengulngan, tingka putus sekolah, moral guru, dan iklim sekolah.

Posting Komentar untuk "Konsep Dasar Manajemen Bebasis Sekolah (MBS)"