Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hewan Jenis Reptil Adalah : Pengertian dan 8 Ciri Umum pada Binatang ini


Pengertian Reptilia


Kata Reptil berasal dari kata reptum yang berarti melata. Reptil merupakan kelompok hewan vertebrata yang menyesuaikan diri di tempat yang kering di tanah. Penandukan atau cornification kulit dan squama atau carpace untuk menjaga banyak hilangnya cairan dari tubuh pada tempat yang kasar. Nama kelas ini diambil dari model hewan berjalan (Latin; reptum = melata atau merayap) dan studi tentang reptil disebut herpetology (Yunani; creptes = reptil). Ukuran reptil bervariasi, dari yang berukuran hingga 1,6 cm (tokek kecil, Sphaerodactylus ariasae) hingga berukuran 6 m dan mencapai berat 1 ton (buaya air asin, Crocodylus porosus). Cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari reptil adalah herpetologi.

Dari segi evolusinya reptil berasal dari amphibi dan selanjutnya dari reptil akan terjadi burung dan mamalia. Pada zaman Mesozoik reptil merupaka kelompok vertebrata yang dominan serta mencapai puncak kejayaannya. Beberapa reptil baru muncul pada akhir periode Trias, tetapi beberapa anggota lain lenyap pada masa itu juga.

Baca juga : Penyebab Gatal dan Bentol setelah di Gigit Nyamuk  

Reptil adalah hewan darat pertama yang sepanjang hidupnya bernapas dengan paru-paru. Ada dua perkembangan yang lebih maju yang dimiliki oleh reptil sehingga kelompok ini lebih sukses hidup di darat daripada amphibi. Pertama adanya cangkang pada telur dan adanya amnion pada embrio, menjamin perlindungan terhadap bahaya kekeringan pada telur-telur yang diletakkan di darat. Sifat ini tidak dimiliki oleh telur-telur amphibi yang terestrial sekalipun. Kedua adanya sisik epidermis yang berfungsi sebagai pelindung terhadap pengaruh fisik dan juga sebagai pelindung terhadap kekeringan. Selain itu kemajuan pada reptil adalah ekstermitas yang cocok untuk bergerak cepat, adanya arah pemisahan darah yang beroksigen dan tidak beroksigen dalam jantung, serta sempurnanya proses penulangan


Ciri-ciri anggota reptil secara umum dapat diuraikan sebagai berikut.


1. Tubuh dibungkus oleh kulit kering yang menanduk biasanya dengan sisik, beberapa ada yang memiliki kelenjar pada permukaan kulit.

2. Mempunyai dua pasang anggota, yang masing-masing 5 jari dengan kuku-kuku yang cocok untuk lari, mencengkram dan naik pohon. Pada yang masih hidup di air kakinya mempunyai bentuk dayung dan pada ular bahkan tidak memilikinya.

3. Skeletonnya mengalami penulangan secara sempurna, tempurung kepalanya mempunyai satu occipitale condyl.

4. Jantung tidak sempurna, terdiri atas 4 ruangan, dua auricula dan dua ventricula (pada Crocodilia terpisah menjadi dua, tapi masih berlubang yang disebut foramen panizzae). Terdapat sepasang archus aorta, bereritrosit dengan bentuk oval biconvex dengan nucleus.

Baca juga : Sifat Karbohidrat Berdasarkan Struktur dan Gugus Fungsi   

5. Memiliki 12 nervi cranialis

6. Fertilisasi secara internalm biasanya mempunyai alat kopulasi, telur besar denganbanyak yolk, berselaput kulit lunak atau bercangkok tipis.

7. Segmentasi secara meroblastik, mempunyai membran embrionik.

8. Ginjal bertipe metanefros seperti pada burung dan mamalia.

Posting Komentar untuk "Hewan Jenis Reptil Adalah : Pengertian dan 8 Ciri Umum pada Binatang ini"