Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Endoparasit Ikan Cymothoa Exigua, Klasifikasi dan Ciri-ciri Infeksi pada Ikan


Endoparasit Ikan Cymothoa exigua


Cymothoa exigua adalah crustacea parasit yang termasuk dalam famili Cymothoidae. Parasit ini memasuki ikan melalui insang, dan kemudian menempel di lidah ikan. Parasit betina menempel di lidah, sementara parasit jantan menempel di lengkungan insang di bawah dan di belakang parasit betina. 


Cymothoa exigua betina memiliki panjang sekitar 8–29 milimeter (0.3–1.1 in) dan lebar sekitar 4–14 mm (0,16–0,55 in), sementara yang jantan memiliki panjang sekitar 7.5–15 mm (0.3–0.6 in) dan lebar sekitar 3–7 mm (0,12–0,28 in). Klasifikasi Cymothoa exigua menurut (SchiĆødte & Meinert, 1884) adalah sebagai berikut:

Kingdom : Animalia

Filum : Arthopoda

Kelas : Malacostraca

Ordo : Isopoda

Famili : Cymothoidae

Genus : Cymothoa

Spesies : Cymothoa exigua

Gambar Cymothoa exigua Gambar Cymothoa exigua

Parasit ini menghisap darah melalui cakarnya di depan, sehingga lidah ikan mengalami atrofi akibat kekurangan darah. Cymothoa exigua kemudian menggantikan lidah ikan dengan menempelkan tubuhnya sendiri ke otot potongan lidah. Ikan yang menjadi inang kemudian mampu menggunakan parasit tersebut seperti lidah biasa. Tampaknya parasit ini tidak mengakibatkan kerusakan lain bagi ikan yang menjadi inangya. Begitu C. exigua menjadi lidah pengganti, beberapa parasit menghisap darah inangnya, sementara banyak parasit lainnya yang memakan ingus inangnya. Parasit ini sejauh ini merupakan satu-satuna parasit yang menjadi organ pengganti. Terdapat banyak spesies Cymothoa, namun hanya C. exigua yang menggantikan lidah inangnya. 



Tidak banyak yang diketahui mengenai siklus hidup C. exigua. Spesies ini menunjukkan reproduksi seksual. Kemungkinan spesies yang masih muda pertama-tama menempel di insang ikan dan menjadi jantan. Begitu dewasa, C. exigua menjadi betina, dan perkawinan kemungkinan terjadi di insang. Jika tidak ada betina, dengan adanya sepasang jantan, satu jantan dapat menjadi betina setelah panjangnya membesar menjadi 10 mm. Spesies betina lalu memasuki mulut ikan dan menempel di lidahnya. Cara penanganannya yaitu melalui pengendalian kualitas air (Yuasa, 2003).

Posting Komentar untuk "Endoparasit Ikan Cymothoa Exigua, Klasifikasi dan Ciri-ciri Infeksi pada Ikan"