Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Hewan Chordata, Asal Usul dan Klasifikasi Menurut Para Ahli


Ciri-Ciri Hewan Chordata


Hewan yang termasuk chordata adalah semua hewan yang memiliki penyokong tubuh dalam, mulai dari tingkat sederhana berbentuk seperti cacing (Tunicata), ikan lancelet sampai mamalia. Sifat yang ada pada hewan-hewan yang dimasukkan ke dalam phylum ialah:

1. Adanya chorda dorsalis, pada keadaan embrio, larva atau seumur hidup, chorda dorsalis terjadi dari entoderm primer.

2. Pada dinding pharynx ada sulci pada keadaan embrio, atau lubang-lubang pada keadaan larva atau seumur hidup. Lubang-lubang ini ialah celah-celah insang.

3. Di dalam pusat susunan saraf ada rongga, seumur hidup atau hanya pada keadaan larva. Rongga ini disebut neuroceia.

Baca juga : Buku Guru IPA Kelas 9 Revisi 2018  

Asal Usul Chordata


Teori-teori tentang asal usul Chordata disusun berdasarkan karakteristik invertebrata dan kordata rendah. Ada 3 teori yang dapat dikemukakan mengenai asal usul Phylum Chordata yaitu:

1. Teori Anelid

Baik anelida maupun Chordata bersifat bilateral simetris dan bersegmen. Organ-organ ekskresi bersegmen, selom tumbuh baik, ada korda saraf di pembuluh-pembuluh darah longitudinal. Apabila pada anelida kita menempatkan korda sarafnya di sebelah dorsal saluran pencernaan, maka tipe aliran darahnya akan sama dengan yang terdapat pada chordata. Namun, namun mulut anelida itu lalu ada di sebelah dorsal, tidak seperti pada chordata yang mulutnya di sebelah ventral. Demikian pula berbagai hubungan dorsoventral akan berubah. Lebih-lebih lagi, annelida itu tidak mempunyai struktur yang serupa dengan notokorda atau celah-celah insang.

2. Teori Araknid

Persamaanya adalah pada eurypterid (artropoda zaman Paleozoik) dan ostracoderm (chordata pada zaman purba), yaitu adanya eksoskeleton dorsal, namun demikian, kordata tidak mempunyai apendiks-apendiks seperti pada artopoda, dan korda sarafnya terletak sebelah dorsal. Sedangkan pada artopoda, korda sarafnya ada di sebelah ventral.

3. Teori Ekinodermika

Larva tornaria dari cacing lidah Soccoglossus sp. (anak filum Hemichordata) tdan larva bipinnaria dari echinodermata, semuanya ransparan, bersilia eksternal, dengn ruang selom, dan mempunyai porus dorsal. Dahulu memang terjadi kekeliruan, yaitu larva cacing lidah itu diidentifikasi sebagai Asterius sp. Sebuah hipotesis pernah dikemukakahn, bahwa larva echinodermata→larva hemichordata→larva tunikata→amfioksus→ostracoderm. Jika hipotesis itu benar, maka tidak ada lagi kemungkinan akan ditemukan fosil chordata purba.


Klasifikasi Chordata


Di dalam tubuh chordata terdapat celom. Mesoderm yang merupakan dinding celom tersebut berasal dari entoderm primer, sehingga chordata termasuk Enterocelomata bersama Echinedermata. Phylum chordata ini dibagi atas 4 sub phylum yaitu:

1. Sub Phylum Hemichordata (hemi = setengah)

2. Sub Phylum Urochordata (oura = ekor) atau tunicata

3. Sub Phylum Chepalochordata (Chepale = kepala)

4. Sub Phylum Vertebrata

Baca juga : Buku Guru PJOK Edisi Kelas 9 2018 Revisi dalam PDF  

Beberapa ahli Zoologi memasukkan sub phylum Sub Phylum Hemichordata Urochordata dan Chepalochordata menjadi satu kelompok yang disebut acrania (a = tidak, cranium = tulang tengkorak) sedangkan sub phylum vertebrata masuk kelompo craniata (otaknya telah dilindungi oleh tulang cranium).

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Hewan Chordata, Asal Usul dan Klasifikasi Menurut Para Ahli"