Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Eritrosimin, Spektrum Antibiotik, Struktur Kimia dan Efek Samping


ERITROMISIN


Struktur kimia eritromisin

Eritromisin yang bersifat bakteriostatik ini berikatan dengan ribosom 50s dan menghambat tRNA-peptida dari lokasi asam amino ke lokasi peptida. Antibiotik ini memiliki sifat lebih peka terhadap bakteri gram positif Akibatnya, rantai polipeptida tidak dapat diperpanjang karena lokasi asam amino tidak dapat menerima kompleks tRNA-asam amino yang baru. Eritromisin termasuk antibiotika golongan makrolid yang sama-sama mempunyai cincin lakton yang besar dalam rimus molekulnya. Eritromisin efektif baik untuk kuman gram positif maupun gram negatif. Antibiotika ini dihasilkan oleh Streptomyces erythreus dan digunakan untuk pengobatan akne.

Baca juga : Khasiat Tanaman Jarak Pagar (Jatropha Curcas), Obat Gatal, Luka dan Lepra  

Mekanisme Kerja

Sintesis protein bakteri dihentikan setelah erythromycin berikatan secarairreversible dengan ribosom bakteri sub unit 50s. Hal ini menghambat translokasi sintesis protein. Erythromycin bersifat bakterisid.B.
 
Spektrum Antibiotik

Erythromycin efektif melawan organisme seperti halnya penicillin g.Erythromycin digunakan pada pasien yang alergi terhadap penicillin.C.



Resistensi

Resistensi terhadap erythromycin merupakan masalah klinis yang serius.Contohnya banyak strain staphilococci dalam isolasi rumah sakit resisten terhadap obatini. Resistensi terjadi karena ketidakmampuan organisme untuk menyerap antibiotik dan penurunan afinitas ribosomal sub unit 50s untuk mengikat antibiotic.

 
Nyeri ulu hati-Cholestatic jaudice-Ototoksik (penggunaan dalam dosis tinggi)
Kontraindikasi; pasien-pasien dengan disfungsi hepar.

Posting Komentar untuk "Cara Kerja Eritrosimin, Spektrum Antibiotik, Struktur Kimia dan Efek Samping "