Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bioteknologi Tumbuhan dan Peraturan Undang-undang Hasil Produk Transgenik



Bioteknologi merupakan ilmu terapan biologi yang melibatkan disiplin ilmu terapan biologi yang melibatkan disiplin ilmu mikrobiologi, biokimia, genetika, dan biologi molekuler. Bioteknologi ini merupakan penerapan teknik pendayagunaan organisme hidup atau bagian dari organisme umtuk membuat modifikasi, meningkatkan atau memperbaiki sifat makhluk hidup serta mengembangkan mikroorganisme untuk penggunaan khusus.Bioteknologi dibedakan menjadi dua macam, yaitu bioteknologi klasik atau konvensional dan bioteknologi modern.

Tanaman transgenesis (pemindahan gen ke tanaman secara langsung) memungkinkan inovasi yang sangat tidak mungkin untuk dicapai dengan metode hibridisasi konvensional. Adapun metode yang digunakan tanaman transgenesis, yaitu : Pembiakan dan hibridisasi secara konvensional, cloning, fusi protoplas, teknik fragmen daun, pistol gen, teknik kloroplas, teknologi antisense, dan gen perendam. Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian, yaitu vaksin untuk tanaman, pestisida genetik, resistensi herbisida, nutrisi ditingkatkan.

Baca juga : Jenis Tumbuhan Bahan Makanan Unggas Sumber Energi  

Peraturan bagi produk bioteknologi Tumbuhan


Bioteknologi bukanlah perbatasan tanpa hukum. Seperti yang telah kita lihat, beberapa lembaga yang berbeda mengatur produksi dan pemasaran makanan dimodifikasi secara genetik. FDA mengatur makanan di pasar. USDA mengawasi praktik penanaman, dan EPA mengontrol penggunaan protein Bt dan pestisida yang disebut lainnya. Pendekatan lembaga ini telah berubah selama bertahun-tahun , terutama dalam kasus FDA , tetapi mereka aktif terlibat dalam menyetujui tanaman tanaman .

Pada awal tahun 1992, pada awal revolusi bioteknologi FDA mengumumkan bahwa diubah secara genetik makanan produk ' akan diatur oleh Standar tangguh yang sama diterapkan untuk makanan biasa tidak lebih dan tidak kurang. Meskipun mereka tidak terikat oleh hukum, perusahaan makanan sukarela berkonsultasi dengan FDA sebelum pemasaran produk apapun. Pada tahun 2001, badan mengadopsi ketat, pendekatan yang lebih formal.

Berdasarkan aturan ini, perusahaan harus memberitahukan FDA disedikitnya 120 hari sebelum diubah secara genetik mencapai makanan pasar. Produsen juga harus memberikan bukti bahwa produk baru tidak lebih berbahaya daripada makanan yang digantikannya. Faktor penentu untuk makanan atau produk nabati akan sikap konsumen. 




Pusat Keamanan Makanan dan Asosiasi Grocery Manufacturers dan Produk Makanan Asosiasi telah memberitahu USDA mereka kuat menentang penggunaan tanaman pangan untuk menghasilkan tanaman farmasi diproduksi dengan tidak adanya kontrol dan prosedur yang menjamin dasarnya 100 % dari pasokan makanan. Ada banyak tanaman non-pangan dan sistem pembangkit yang terkandung pertumbuhan yang akan memuaskan ini keprihatinan, dan tidak ada produsen telah melanggar aturan-aturan ini hingga saat ini.

Posting Komentar untuk "Bioteknologi Tumbuhan dan Peraturan Undang-undang Hasil Produk Transgenik"