Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Serai, Khasiat sebagai Obat Keseleo, Haid tidak Teratur dan Batuk


Klasifikasi ilmiah


Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk) : Monocots

(tidak termasuk): Commelinids

Ordo: Poales

Famili: Poaceae

Genus: Cymbopogon

Spesies: C. citratus

Nama binomial: Cymbopogon citratus

Klasifikasi

Serai Cymbopogon citratus (DC.) Stapf

Nama umum

Indonesia: Serai sayur, serei gulai, sereh

Inggris: Lemon grass, citronella grass

Vietnam: Sa

Thailand: Ta khrai

Pilipina: Tanglad

Serai atau sereh adalah tubuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya.

Baca juga : Khasiat Awar-awar (Ficus Septica), Manfaat Getah, Daun dan Akar  

Serai merupakan salah satu tanaman dengan banyak kasiat, selain dimanfaatkan juga untuk bumbu dapur. Nama ilmiahnya Cymbopogon nardus. Di daerah mengenalnya dengan nama Sereh, Sere, Sarai, Sorai, Sange-sange, Belangkak, Senggalau, Salai, See, Nau Sina, Bu Muke, Tonti, Sare, Hisa, Isa.. dan mungkin masih banyak lg nama daerah lainnya.

Manfaat Serai


Serai atau Sereh adalah tanaman sejenis rumput yang tuumbuh berumpun sekilas mirip alang-alang. Nama ilmiah serai adalah Cymbopogon nardus dari famili Poaceae. Tapi jangan salah biar sejenis rumput, tanaman ini banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan bahan minuman yang dikenal dengan wedang sereh/serai. Rasa dan aromanya mempunyai efek menghangatkan tubuh jika dimakan. Dengan pengenalan biasa, aroma yang khas dari batang serai menunjukkan adanya kandungan minyak atsiri. Kemudian para penelitipun melakukan uji terhadap kandungan kimia dari tanaman serai ini. Kandungan kimiawi yang didapat dari tanaman serai antara lain : sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, dan kariofilen oksida. kemudian ada juga geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Baca juga : Khasiat Bungbrun (Polygonum Chinense), Obat Nyeri Lambung dan Bisa Ular     

Beberapa penyakit disinyalir bisa diobati dengan kandungan yang terdapat dalam tanaman serai ini. Penyakit Kanker bisa dicegah dengan konsumsi serai secara rutin, karena serai mengandung zat antioksidan yang berfungsi mencegah adanya sel kanker. Serai juga memiliki kandungan antipiretik yang baik sekali untuk melawan demam dan panas badan, kalau sedang demam anda bisa membuat wedang serei untuk mengatasinya. Serai juga berkhasiat untuk membuang racun dalam tubuh kita (detoksifikasi). Jika kita mengkonsumsi serai biasanya akan sering buang air kecil. Kondisi tersebut artinya terjadi proses pembuangan racun dalam tubuh kita dan membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih menjadi lebih bersih dan sehat.

Contoh Ramuan Obat dari Serai/Sereh:


1. Bengkak Keseleo

Ambil akar dan batang serai, tumbuk ambil minyaknya oleskan pada tempat yang nyeri. Dioleskan secara rutin pada pagi dan malam hari.

2. Herbal untuk masalah haid tidak teratur

bahan :

a. akar serai 7 gr

b. daun serai muda 12 gr

c. air bersih 110 ml

cara meramu:

Campur bahan dalam panci/belanga tanah, kemudian rebus semua bahan hingga mendidih. Dinginkan dan diminum setengah gelas pagi dan setengah gelas malam hari .
Minuman teh yang dicampur dengan serai bisa membantu mengurangi nyeri haid dan mual.



3. Batuk

Batang dan akar serai 5 gram dicuci bersih kemudian rebus dalam 1 gelas air sampai mendidih. Dinginkan kemudian minum air rebusan dengan takaran 1/2 gelas pagi dan malam.

Baca juga : Tanaman Sangketan (Achyranthes Bidentata), Obat Luka di Mulut dan Bibir  

4. Hipertensi (Darah Tinggi)

konsumsi serai secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dan menormalkan tekanan darah.

1) Siapkanlah 600 g batang serai segar berikut akar. Rebus dengan air. Air rebusan digunakan untuk mandi. Mandilah saat air masih hangat.

Kasiat: mengatasi badan pegal

2) Siapkan 600 g serai segar dan keringkan. Setelah itu, rebuslah dengan air secukupnya. Minum air rebusan serai ini.

Kasiat: meredakan batuk

Posting Komentar untuk "Tanaman Serai, Khasiat sebagai Obat Keseleo, Haid tidak Teratur dan Batuk"