Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Kasingsat, Khasiat dan Manfaat untuk Obat Nyeri, Disentri dan Diare


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyte

Classis : Dicotyledoneae

Ordo : Rosales

Familia : Leguminoceae

Genus : Cassia

Spesies : : Cassia occidentalis L.

Nama Latin : Cassia occidentalis L.

Nama Inggris : -

Nama Indonesia : kasingsat

Nama daerah : Jawa ( menting, senting ),Sumatera ( kopi andelari ),Simalur ( gang alas )

Deskripsi


Tanaman perdu setahun yang tumbuh tegak, tinggi 1-2 m, banyak bercabang dan dibagian pangkalnya berkayu.Tanaman ini dapat ditemukan dipinggir jalan, semak, dan sering disekitar perumahan. Daunnya majemuk menyirip genap dengan 5 pasang anak daun yang berbentuk bulat telur dengan panjang 2-6 cm, dan lebar 1-2 , ujungnya runcing, pangkal membulat dan warnany hijau tua. Anak daun dibagian ujung lebih besar daripada anak daun dibagian pangkal ibu tangkai daun.Tangkai daun pendek. Batangnya bersegi, warnanya hijau dengan alur berwarna merah tengguli, dipenuhi rambut halus. Bunganya majemuk warnakuning, keluar dari ketiak daun atau diujung ranting , buahnya polong. Daun muda dan polongnya yang belum masak dapat dikukus dan dimakan dengan nasi. Bijinya gepeng , lonjong, satu sudut agak meruncing , tengahnya agak mencekung. Biji yang tua setelah di panggang atau disangrai , kemudian ditumbuk, dapat diseduh sebagai pengganti kopi , dan diluar negeri disebut coffe senna.


Baca juga : Pengobatan Diabetes Melitus, 3 Bentuk Terapi Sulih Insulin   

Penyebaran


Tersebar mulai dari dataran rendah sampai sekitar 1200 m diatas permukaan laut.Tumbuh baik ditanah merah yang lembab dan ditempat yang cukup mendapat sinar matahari.

Manfaat


Untuk obat sakit kepala, susah buang air besar, disentri, diare kronis, nyeri ulu hati, batuk, sesak napas, radang paru, radang mata, hepatitis.

Posting Komentar untuk "Tanaman Kasingsat, Khasiat dan Manfaat untuk Obat Nyeri, Disentri dan Diare"