Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Rambutan (Nephelium Lappaceum), Manfaat Buah, Daun, Kulit dan Akar


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyta

Classis : Monocotyledoneae

Ordo : Sapindales

Familia : Sapindaceae

Genus : Nephelium

Species : Nephelium lappaceum

Nama Latin :Nephelium lappaceum

Nama Indonesia : Rambutan

Nama daerah : Rambutan (Sumatera)

Deskripsi


Tanaman rambutan merupakan tanaman buah tropis yang termasuk dari salah satu jenis dari keluarga tanaman Sapindacea.Tanaman rambutan habitat di daerah tropis. Tanaman rambutan ini hidup pada daerah dataran rendah yang bersuhu rata-rata 25ÂșC sampai dengan ketinggian 300-500 meter di atas permukaan laut dengan sinar matahari yang banyak dan curah hujan yang sedang. Tanaman rambutan pohonnya mempuyai ketinggian 25-25 m dan mempunyai banyak cabang.Daun tanaman rambutan majemuk menyerip mempunyai letak yang berseling dengan jumlah anak daun 2- 4 pasang. Helaian daun tanaman rambutan berbentuk bulat lonjong dengan ukuran panjang 7,25-20 cm dan lebar 3-8 c. Ujung daun tanaman rambutan runcing dengan tepi yang rata, tulang daun tanaman rambutan menyirip, dengan tangkai silindris dan berwarna hijau. 


Bunga tanaman rambutan tersusun pada tandan diujung ranting, mempunyai bau yang wangi dengan ukuran yang kecil-kecil berwarna hijau muda.Tanaman rambutan mempunyai bunga jantan dan bunga betina yang terpisah dalam satu pohon.Buah tanaman rambutan berbentuk bulat lonjong seperti telur, berambut dan berwarna kuning kemerahan. Di dalam buah tanaman rambutan mempunyai daging buah yang berwarna putih bertekstur kenyal, berair, mempunyai rasa manis sedikit asam. Daging buah tanaman rambutan menempel pada biji dan transparan.Biji tanaman rambutan berbentuk bulat lonjong dengan tekstur yang mirip retak-retak seperti kulit kayu dan berwarna berwarna putih kecoklatan. Tanaman rambutan berkembang biak dengan cara persemaian biji dan stek batang.

Penyebaran


Penyebaran rambutan mulai dari Cina bagian selatan (Yunnan dan Hainan) melalui Thailand, Malaysia, Indonesia sampai ke Filipina. Rambutan dibudidayakan hamper diseluruh daerah tropic basah Asia dan dalam jumlah yang kecil dijumpai di daerah tropic basah Amerika, Afrika dan Australia. Di Indonesia tempat yang menjadi pusat penanaman rambutan adalah di Jawa khususnya yang sangat besar produksi buah rambutan antara lain di Bekasi, Kuningan, Malang, Probolinggo, dan di Garut.


Manfaat

Bagian tanaman yang bermanfaat: kulit buah, kulit kayu, daun, biji, dan akarnya. Detail manfaatnya adalah sebagai berikut:
  • Kulit buah: untuk mengatasi disentri, demam
  • Kulit kayu: untuk mengatasi sariawan
  • Daun: untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut
  • Akar: untuk mengatasi demam
  • Biji: untuk mengatasi kencing manis (diabetes melitus)
Baca juga : Intoleransi Fruktosa, Pengertian, Penyebab, Diagnosis dan Pengobatan

Posting Komentar untuk "Khasiat Rambutan (Nephelium Lappaceum), Manfaat Buah, Daun, Kulit dan Akar"