Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jarak Kepyar (Ricinus Communis), Manfaat Bunga, Buah, Daun, Batang dan Akar


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyte

Classis : Dicotyledoneae

Ordo : Euphorbiales

Familia : Euphorbiaceae

Genus : Ricinus

Spesies : Ricinus communis

Nama Latin : Ricinus communis

Nama Inggris : Castor bean

Nama Indonesia : Jarak kepyar

Nama daerah : Kaliki

Deskripsi :


Jarak (Ricinus communis) adalah tumbuhan liar setahun (annual) dengan batang bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas, warna hijau bersemburat merah. Daun tunggal, tumbuh berseling, bangun daun bulat dengan diameter 10 - 40 cm, dengan sisi menjari 7 - 9, ujung daun runcing, tepi bergigi, warna daun di permukaan atas hijau tua permukaan bawah hijau muda (Ada varietas yang berwarna merah).Bunga majemuk, berwarna kuning oranye, berkelamin satu. Buahnya bulat berkumpul dalam tandan, berupa buah kendaga, dengan 3 ruangan, setiap ruang berisi satu biji.Buahnya mempunyai berwarna hijau muda.

Baca juga : Komposisi Paracetamol, Manfaat, Efek Samping dan Nama Resmi  

Biasanya terdapat di hutan, tanah kosong, di daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan dalam perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7 - 9, berdiameter 10-40 cm. Tumbuhan ini merupakan spesies tanaman dari Euphorbiaceae dan tergolong ke dalam genus Ricinus.

Tangkai daun panjang, berwarna merah tengguli, daun bertulang menjari. Jarak kepyar mempunyai akar tunggang yang sangat dalam, akar samping yang melebar dan akar rambut yang banyak. Struktur perakaran yang demikian menandakan bahwa jarak kepyar tahan terhadap angin dan kekeringan.

2. Batang


Batang jarak kepyar mempunyai warna yang bervariasi dari hijau muda sampai hijau tua, dan dari merah muda sampai merah kecoklatan. Batang beruas-ruas, setiap ruas dibatasi oleh buku-buku, setiap buku terdapat daun dan titik tumbuh calon cabang. Panjang ruas batang bervariasi dengan permukaan batang halus hingga kasar. Lapisan lilin pada permukaan batang bervariasi, dari tanpa lapisan hingga tebal. Tinggi tanaman 1–4 meter dengan diameter batang 3–5 cm. Tanaman dapat tumbuh secara terus menerus sepanjang faktor-faktor pertumbuhan terutama air terpenuhi.


3. Daun


Daun berbentuk menjari 5 sampai 11 dengan lekukan dangkal sampai dalam. Warna daun bervariasi dari hijau muda sampai hijau tua dan ada yang berwarna kemerahan sampai merah tua. Tangkai daun (petiole) kuat dengan panjang 17–40 cm, memiliki permukaan halus hingga kasar, berwarna dasar hijau dan merah. Pada genotipe tertentu, tulang daun tampak menonjol di bawah permukaan daun. Umumnya tepi daun bergerigi, namun ada pula yang rata.

4. Bunga


Bunga jarak kepyar terbentuk dalam karangan/tandan bunga yang tumbuh secara sistematis dan berurutan pada setiap titik tumbuh baik pada batang utama, maupun pada cabang. Dengan terbentuknya calon tandan bunga, titik tumbuh berhenti, selanjutnya dari ketiak daun dimulai dari daun termuda akan terbentuk tunas calon cabang. Jarak kepyar merupakan tanaman berumah satu, dalam satu tanaman terdapat bunga jantan dan bunga betina. Menurut Zimmerman (1958) komposisi bunga jantan dan betina sangat bervariasi, bunga betina berkisar antara 30–50% dan bunga jantan 70–50%. Bunga betina terletak pada bagian atas tandan bunga sedangkan bunga jantan pada bagian bawah. Dengan posisi kedudukan bunga betina dan jantan terpisah apalagi kemasakannya tidak selalu bersamaan menyebabkan tanaman jarak kepyar tergolong dalam tanaman menyerbuk sendiri dan menyerbuk silang.

Baca juga : Uji Disolusi Tablet, Definisi, Pengertian dan Karakteristik  

Bunga jarak kepyar tidak mempunyai daun mahkota, tetapi mempunyai 3–5 kelopak bunga. Pada bunga jantan serbuk sari masak 2–3 jam setelah matahari terbit. Kepala sari berwarna kekuningan, setiap bunga jantan mempunyai serbuk sari sampai 100 butir. Serbuk sari cepat berhamburan pada suhu antara 26–29oC dengan kelembaban sekitar 60%. Bunga betina mempunyai 3 bakal biji dengan kepala putik terdiri atas 3 cabang, kepala putik berwarna merah jambu/pink.

5. Buah


Setelah pembuahan, bakal buah akan membesar, buah muda berwarna hijau muda sampai hijau tua, berbentuk lonjong berangsur-angsur menjadi bulat, pada kulit buah terdapat bulu/duri ada pula yang tidak berduri (gundul). Setiap buah terdiri atas 3 lokul, setiap lokul berisi 1 butir biji, sehingga setiap buah umumnya berisi 3 butir biji. Buah yang sudah tua berubah warna menjadi keabu-abuan kemudian mengering. Buah yang sudah masak mempunyai sifat mudah pecah, sedang dan sulit pecah.

Manfaat :


Getah Mengandung protase penyembuh luka (curcain), Pengobatan (infeksi jamur, sengatan serangga, masalah pencernaan) manfaat biji jarak untuk kesulitan melahirkan dan retensi placenta manfaat biji jarak untuk kelumpuhan otot wajah.Manfaat biji jarak untuk kanker cervix.Manfaat daun jarak pengobatan untuk bengkak.Manfaat daun jarak untuk hernia. Manfaat daun jarak untuk koreng.Manfaat minyak jarak untuk constipasi. Manfaat akar jarak untuk rheumatik persendian, epilepsi (ayan). Manfaat akar jarak untuk pegal-pegal, luka terpukul.


Posting Komentar untuk "Jarak Kepyar (Ricinus Communis), Manfaat Bunga, Buah, Daun, Batang dan Akar"