Ads Header

Ikan Kembung (Rastrelliger Kanagurta), Klasifikasi dan 3 Jenis Spesies


Kembung adalah nama sekelompok ikan laut yang tergolong ke dalam marga Rastrelliger, suku Scombridae. Meskipun bertubuh kecil, ikan ini masih sekerabat dengan tenggiri, tongkol, tuna, madidihang dan mekerel. Di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama lema atau tatare, sedangkan di Makssar disebut banyar atau banyara. 

Ikan ini dianggap sebagai salah satu ikan ekonomi penting, karena termasuk ikan pelagis kecil sehingga terhitung sebagai komoditas yang cukup penting bagi nelayan ( Suruwaky dan Gunaisah, 2013 ). Ikan ini termasuk salah satu ikan yang ekonomis penting di Malaysia. Harga jual yang rendah, ketersediaan di alam yang melimpah, hal tersebut menjadi alasan utama ikan ini populer di Malaysia (Amin, 2014).

Baca juga : Cara Mengolah Ikan Segar Utuh  

Genus Rastrelliger yang diakui terdiri dari 3 spesies. Spesies yang diakui antara lain, Rastrelliger kanagurta, Rastrelliger brachysoma dan Faughni Rastrelliger. Ikan-ikan tersebut adalah ikan yang memiliki nilai ekonomis penting dan juga ikan pelagis kecil di wilayah tropis. Spesies Rastrelliger brachysoma tersebar di wilayah pesisir dekat pantai Malaysia sedangkan Rastrelliger kanagurta dan Rastrelliger faughni terletak di arah laut ( Jamaluddin, et.al., 2010 ). 


Ikan Indian Makarel atau Rastrelliger kanagurta, menurut beberapa referensi lainnya spesies ini biasanya tersebar di Lautan India dan bagian barat dari Samudra Pasifik. Hal ini menunjukkan bahwa ikan ini memiliki nilai ekonomis penting dimana ikan Kembung ini sebagai sumber protein yang murah dan juga bisa digunakan untuk umpan ( Amin, et.al., 2015 ). Klasifikasi dari ikan Kembung ini antara lain adalah sebagai berikut :

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Scombridae

Genus : Rastrelliger

Spesies : Rastrelliger kanagurta ( Saanin, 1984 )



Ikan Kembung atau Rastrelliger sp.memiliki ciri-ciri morfologi, yaitu memiliki rahang, tubuh bilateral simetris yaitu compressed, mulutnya terminal dan memiliki tutup insang. Ikan Kembung juga memiliki linea lateralis, rudimeter, finlet, memiliki lubang hidung dua buah ( dirhinous ), bersisik dan ikan Kembung juga memiliki satu buah sirip punggung, dua buah sirip perut yang sejajar dengan sirip dada ( Thoracic ), pectoralis, sirip anal dan sirip ekor bercagak ( Forked ). Selain itu ikan Kembung juga terdapat caudal scute ( Jones, et.al., 2012 ).

Belum ada Komentar untuk "Ikan Kembung (Rastrelliger Kanagurta), Klasifikasi dan 3 Jenis Spesies"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel