Selain Hagia Shopia, 5 Masjid ini Dahulu Gereja


Pada 10 Juli 2020, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan membatalkan status Hagia Sophia dari museum dan mengubahnya menjadi masjid.

Sebagai informasi, Hagia Sophia awalnya adalah sebuah gereja di Istanbul sebelum penaklukan Islam atas kota Istanbul. Ketika Ottoman tiba di Konstantinopel 1453 M, mereka mengubah Konstantinopel ke Istanbul dan mengubah beberapa gereja menjadi masjid, termasuk Hagia Sophia. Tetapi Presiden Turki kemudian mengubahnya menjadi museum pada tahun 1935 dan menjadi Situs Warisan Sejarah UNESCO.

Tetapi selain dari Hagia Sophia, ada juga beberapa gereja yang berubah menjadi masjid


1. Masjid Umayyah, Damaskus


Menurut situs The Islamic Landmark, tempat ibadah ini awalnya adalah kuil Hadad Dewa Aramean sebelum menjadi masjid Umayyah ketika Damaskus adalah negara Aram.

Ketika agama Kristen menyebar ke Levant, kuil itu kemudian menjadi Gereja St. John the Baptist. Gereja mengatakan bahwa John the Baptist dahulu adalah seorang pemimpin bernama Nabi Yahya dalam ajaran Islam, dimakamkan setelah dipenggal. Ketika Khalifah Umayyah Al-Walid bin Abdul Malik berkuasa, gereja itu diubah menjadi masjid.

2. Masjid Cordoba, Spanyol


Masjid Agung Cordoba adalah salah satu bangunan paling penting dari peradaban Islam di Spanyol, dibangun pada masa ketika Andalusia berada di bawah kekuasaan Islam. Berdasarkan portal berita Britannica, Masjid Agung Cordoba pada awalnya adalah bangunan Gereja Visigothic Saint Vincent, tempat umat Kristen dan Muslim berbagi tempat beribadah di gedung ini.

Pembangunan masjid ini dilakukan pada 785 Masehi oleh Emir Abdel Rahman I selama penaklukan Andalusia dan dibangun oleh penguasa lain di abad ke-10.

3. Masjid Al-Attarine, Mesir


Masjid Al-Attarin terletak di pusat pasar Aleksandria Al-Attarin, yang terdapat sisa-sisa arkeologis serangan Napoleon Bonaparte terhadap Mesir. Di tahun 370 M, bangunan ini adalah gereja St. Apnacius dan menjadi masjid setelah penaklukan kota ini oleh Islam. Masjid Al-Attarin kemudian direnovasi pada tahun 1055 M oleh Fatimid al-Mustansir Billah.

4. Masjid Venesia, Italia


Satu-satunya masjid di Venesia dibuka pada tahun 2015 karena kontroversi dari pemerintah Italia dan pemerintah daerah. Namun, seorang arsitek Swiss secara sukarela membangun masjid dari bekas gereja yang sudah tidak dipakai selama 40 tahun, yaitu gereja Santa Maria Valverde. Perubahan ini dibantu komunitas Muslim kota dan dibuka Mei 2015.

5. Masjid Arab, Turki


Masjid Arab di distrik Galata Istanbul pada awalnya adalah gereja Bizantium pada abad ke-6 Masehi. Menurut halaman Hurriyet, bangunan gereja pertama kali dikonversi menjadi masjid ketika umat Islam menguasai Istanbul tahun 668 M, namun dirubah lagi menjadi gereja karena umat Islam meninggalkan Istanbul.

Belakangan para pedagang dari Venesia menggunakan bangunan ini untuk beribadah. Setelah penaklukan Utsmani terakhir, gedung diubah menjadi masjid Arab pada tahun 1475.

Demikian 5 gereja yang diubah menjadi masjid. Apakah Anda tertarik mengunjungi dan berdoa di masjid-masjid ini?

Belum ada Komentar untuk "Selain Hagia Shopia, 5 Masjid ini Dahulu Gereja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel