Cara Unduh Dokumen & File di Google Classroom


Google Classroom merupakan platform untuk belajar mengajar online. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk mengakses bahan pelajaran untuk ujian online melalui file yang diunggah oleh guru di kelas Google. Pengguna dapat mengunduh aplikasi Google Classroom, yang dapat dijalankan di smartphone Android atau iOS, atau membukanya dari komputer pribadi (PC) melalui alamat situs web di kotak pencarian pada browser. Tentu saja, jika Anda ingin mengunduh aplikasi, Anda dapat menggunakan Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iPhone.

Anda juga dapat mengunduh Ekstensi Chrome Google Classroom dari komputer Anda melalui Web Store Chrome. Halaman forum Google menyebutkan bahwa file Google Classroom (GC) akan tersimpan secara otomatis di Google Drive. Semua file Google Classroom terletak di folder Classroom di Google Drive. Untuk menyimpan salinan file, klik kanan folder dan buat salinan dokumen. Untuk mengunduh file melalui Google Drive, yang harus Anda lakukan adalah klik kanan dan pilih unduh.

Cara alternatif untuk mengunduh file dari Google Classroom adalah sebagai berikut:

1. Buka salah satu dokumen di Google Classroom.
2. Klik salah satu dokumen pelajaran.
3. Klik tiga titik di sudut kanan atas dokumen, lalu klik Buka di Jendela Baru. Folder akan terbuka dan menampilkan dokumen yang ada di dalamnya.
4. Kemudian klik hanya ikon unduhan (panah ke bawah).
5. Ulangi cara diatas untuk setiap dokumen atau file.


Seperti dikutip oleh Bloomberg, sejak Maret, aplikasi ini telah digunakan lebih dari 100 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Jumlah ini dua kali lebih tinggi dari sebelum pandemi dan new normal. Selain itu, jumlah pengguna aktif untuk G Suite for Education, termasuk Classroom, telah meningkat menjadi 120 juta dari tahun lalu, sebelumnya hanya ada 90 juta pengguna. CEO Google Javier Saltero mengatakan bahwa sejak itu Google telah meningkat dari total pengguna aktif di beberapa negara. Sekolah dan universitas di seluruh dunia mau tidak mau akan dipaksa untuk menggunakan kelas online.

Direktur Pendidikan Google Avni Shah mengatakan Google Classroom sangat populer di Amerika Serikat sejak lama. Kemudian, setelah pandemi Covid-19, pengguna aplikasi ini telah menyebar ke beberapa negara lain, termasuk Indonesia dan Italia, terutama sejak Maret lalu. Namun, Google tidak memungut biaya kepada pihak sekolah atau siswa untuk menggunakan aplikasi ini. Terlebih lagi, tahun lalu Google memimpin jaringan pendidikan di Amerika Serikat dengan 60% pengguna aktif.

Belum ada Komentar untuk "Cara Unduh Dokumen & File di Google Classroom"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel